<div style='background-color: none transparent;'></div>
Home » » Tayangan Film Horor Bagi Anak

Tayangan Film Horor Bagi Anak

Film horor saat ini sudah kian popular dan mempunyai banyak penonton yang tidak sedikit. Ironisnya dari banyak penonton yang ada, termasuk didalamnya adalah kalangan anak-anak. Meski Film horor diperuntukkan bagi kalanagan dewasa, tapi dalam perjalannya anak-anak juga menjadi penggemar yang setia.
Ketika menonton Film horor pasti perasaan takut dan hesteris akan muncul. Film ini seakan dibuat untuk menakut-nakuti dan menegangkan mental penonton. Teriankan hesteris seakan menjadi penanda Film horor telah sukses dan pada saat itulah penonton merasa puas. Itulah mungkin bagi penonton orang dewasa ihwal keasyikan dan keindahan menonton Film horor. Tapi bagi anak-anak Film ini akan membawa corak yang berbeda.

Tayangan Film horor bagi anak-anak jelas-jelas mempunyai pengaruh yang tidak melulu positif. Adegan tayangan yang penuh dengan aroma pembunuhan, hantu-hantu yang mesterius, mistis, dan tekanan-tekanan mental lainnnya akan ikut mempengaruhi dan membentuk karakteriskstik serta kepribadian anak-anak.

Masa anak-anak adalah masa dimana kondisi kejiwaannya masih cendrung imitative. Setiap sesuatu yang baru, tanpa banyak pertimbangan apakah itu baik atau buruk, akan selalau ingin ditiru. Apa yang dilihat yang dirasakan dari lingkungan sekitar akan turut membentuk pola perkembangan anak. Meski anak-anak dilahirkan dalam keadaan fitroh tapi lingkunganya kurang baik, maka potensi kefitrahanya akan tercoreng.

Film horor yang mempunyai banyak muatan mesterius akan banyak mempengaruhi kepribadian anak. Anak-anak yang selalu dihadapkan dengan suatu hal yang mesterius akan membentuk karakter kepribadian yang penakut, minder dan tidak percaya diri. Dalam Film horor pasti ada sesuatu yang mesterius, baik itu dengan hantu dan aroma pembunuhan. Adegan itu akan membuat seseorang, apalagi anak-anak, merasa ketakutan.

Kesehariannya pasca menonton Film horor anak-anak biasanya akan selalau dilanda dengan kecemasan dan ketakutan. Ini buah dari tayangan Film horor. Mungkin orang dewasa tidak akan mengalami hal ini meingiat mereka sudah bias membedaan ana yang obyektif yang sesungguhnya dan mana yang fiktif. Tapi anak-anak yang biasanya hanya bisa cepat meniru apa-apa yang dilihat, dirasakan dan dimasukan dalam keprinadiannya.

Dalam Film horor juga penuh dengan adegan-adegan mistis. Adegan mistis sebeanrnya akan mengajari anak-anak untuk tidak berfikir rasional dan hanya percaya pada klenik. Anak-anak tidak bisa membedakan mana kehidupan yang nyata dan mana kehidupan yang fiktif. Ketika Film horor itu telah membentuk pengetahuan dan terinternalisasi dalam diri anak, maka anak-anak akan terbentuk pola hidup dan karakter yang mistis.

Selalu kita jumpai alur Film horor tidak akan pernah lepas dari balas dendam dari seorang hantu yang sebelumnya telah dibunuh atau bahkan kadang diperkosa. Sang hantu biasanya akan menakut-nakuti dan meneror seseorang yang dianggap musuhnya. Adegan ini menyimpan dua makna, balas dendam dan adegan kekerasan yang sama-sama membawa efek negative bagi anak-anak.

Adegan balas dendan dalam Film itu akan mempengaruhi mental anak-anak dalam setiap menghadapi persoalan dan masalah. Balas dendam adalah sifat yang menyimpan kebencian dengan motif tertentu. Kebencian itu tidak akan pernah lepas dan hilang kecuali sudah membalas terhadap lawanya. Adegan-adegan inilah yang juga akan menjadi sumber dari segala kekerasan. Maka fenomena kekerasan yang banyak terjadi pada anak-anak saya kira juga tidak akan pernah lepas dari tayangan-tayangan televisi yang berbau kekerasan, termasuk juga dalam Film horor.

Untuk mengatasi semua permasalahan efek negative dari Film horor tidak akan pernas lepas dari peran serta orangtua sebagai pendidik, pendamping dan pengasuh yang paling utama. Orangtua dalam hal ini mempunyai peranan yang paling sentral dalam mengadakan tindakan preventif tentang bahaya laten dari televisi.

Orangtua yang bijaksana akan selalu memilih dan memilah mana tayanagan yang layak untuk anak-anak dan mana yang kurang layak. Film horor yang membawa banyak efek negate selayaknya orangtua dapat memberi pemahaman terhadap anak untuk melihat Film yang lebih pantas dengan ajakan dan rtme bahasa yang tidak birokratis.

Di samping itu juga sangat dituntut bagi orangtua untuk selalau mendampingi anak-anak ketika sedang menonton. Kadang tidak sedikit dari anak-anak yang selalu bertanya ihwal persoalan adegan dalam tayangan, maka kalau orangtua tidak ada anak akan menyerap apa adanya.

Tapi kalau orangtua mendampingi, maka bisa menerangkan terhadap anak-anak secara lebih realistis dan obyektif apa-apa yang telah ditanyakan anak. Berilah pemahaman secara lebih realistis terhadap anak apabila mereka bertanya tentang sersuatu hal yang mesterius atau bahkan mistis.

Orangtua juga dituntu untuk memberikan waktu-waktu terentu bagi anak dalam menilaht tontonan televisi. Tentunya ini membutuhkan pengetahuan orangtua tentang jadwal-jadwal tayangan yang bagus bagi anak-anak. Begitu pentingnya orangtua memberi jadwal nonton televise sehingga anak-anak tidak gampang menonton tayangan yang kurang edukatif.

Bagi anak-anak yang sudah terlanjur menonton tayangan Film horor membutuhkan penerangan lebih lanjut dari orangtua. Kalau ada anak-anak yang sudah hobi dan bahkan kecanduan menonton Film horror, maka orangtua selayaknya mampu memberian keterangan pada anak-anak dengan bahasa ke ibuan. Orangtua mengajak anak dengan menjaga ritme emosi dan rasa benci anak-anak terhadap orangtua.

Anak-anak yang biasa nonton Film horor pasti akan bertanya dalam kehidupannya ihwal sesuatu yang mistis dan mesterius seperti yang ada dalam tayangannya. Orangtua selayaknya memberi keterangan ihwal semua itu dengan rasional dan realistis. Orangtua harus memberi kejelasan ihwal Film itu hanyalah fiktif dan berilah keterangan-keterang secara lebih rasional.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Ulumuddin's Site . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger